• Jelajahi

    Copyright © GO TAYAN - Mengabarkan Cepat !
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Wisata

    Iklan

    13 Jenis Ikan Koi Yang Bagus Untuk Dipelihara

    Redaksi Go Tayan
    6/15/20, 10:32 AM WIB Last Updated 2020-06-15T05:20:51Z
    loading...

    Koi-Beragam-Jenis-Ikan-Koi

    GOTAYAN.COM - Ikan Koi adalah ikan hias yang gemar dipelihara pecinta ikan hias, nama ikan koi sendiri berasal dari bahasa Jepang yang berarti ikan karper, merujuk pada kata nishikigoi yang kurang lebih bermakna ikan karper yang bersulam emas atau perak.

    Ikan yang termasuk ikan mas (Cyprinus carpio) ini memiliki beragam jenis, Jenis ikan koi dibedakan tergantung dari warnanya, polanya, dan ukurannya, beberapa unsur warnanya adalah putih, hitam, merah, kuning, biru, dan krem.

    13 Jenis Ikan Koi Yang Bagus Untuk dipelihara


    Jenis Ikan Koi bagi para pecinta ikan koi tentu sudah tidak sulit untuk membedakan dan mengetahuinya. Akan tetapi bagi yang baru saja ingin memelihara ikan koi, tentu sesuatu yang mesti diketahui sebelum memutuskan untuk membeli dan memeliharanya.

    Ada banyak macam ikan koi yang ada saat ini dan terdapat di pasaran, baik ikan koi lokal maupun ikan koi impor. Oleh sebab itu sangat disarankan mengenal terlebih dahulu ikan koi tersebut agar tepat dalam memilih kemudian membelinya sesuai dengan kualitas ikan koi yang diinginkan.

    Agar tidak salah pilih kami mencoba menjabarkan 13 jenis/klasifikasi ikan koi sekaligus nama ikan koi yang umum untuk dipelihara.

    1. Kohaku Koi

    Kohaku Koi adalah jenis Ikan Koi yang bagus untuk anda pelihara, karena koi jenis ini sering juga diikutkan oleh pecinta koi dalam berbagai kontes, selain itu Kohaku Koi juga cukup mudah ditemukan di pasaran.

    Kohaku-koi

    Kohaku Koi memiliki warna dasar putih dan merah, padanan warna yang cantik. Memilih Kohaku Koi sebaiknya pilih Kohaku yang memiliki warna merata yang cerah dan polanya juga merata di seluruh badannya.

    2. Sanke Taisho Koi

    Ikan hasil persilangan beberapa jenis Koi ini memiliki warna dasar merah dan putih yang cerah dan memiliki bercak-bercak hitam ditubuhnya.

    Sanke-Taisho-Koi

    Warna dan corak hasil persilangan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta Koi, sehingga terbilang sangat bagus untuk anda pelihara di rumah.

    3. Showa Sanshoku Koi

    Jenis koi yang satu ini sekilas sangat mirip dengan varian jenis koi lainnya, akan tetapi tak begitu sulit dikenali oleh yang sudah ahlinya, untuk yang ingin memelihara jenis ini sebaiknya bertanya kepada ahlinya agar tidak salah memilih.

    Showa-Sanshoku-Koi

    Showa Sanshoku Koi memiliki ciri khas warna dasar putih, dengan pola corak kombinasi hitam dan merah, sebab Showa Sanshoku merupakan persilangan Kohaku dengan Shiro Utsuri.

    4. Shiro Bekko Koi

    Sering juga disebut Koi hitam putih, karena memiliki warna dasar putih terang dengan corak hitam kecil-kecil di tubuhnya.

    Shiro-Bekko-Koi

    Shiro Bekko Koi juga sangat bagus untuk menambah koleksi Ikan Koi anda dirumah.

    5. Ki Bekko Koi


    Warna dasar kuning terang menjadi ciri khas khusus yang dimiliki oleh ikan koi jenis Ki Bekko ini.

    Ki-Bekko-Koi


    Di pasaran ikan hias, tak sulit menemukan ikan koi kuning ini, dengan paduan corak warna hitam yang ada hampir merata di seluruh tubuhnya menjadi keunikkan tersendiri sehingga layak untuk menjadi penghias di kolam atau akuarium di rumah anda.

    6. Aka Bekko Koi

    Warna Merah terang dengan corak hitam merupakan ciri khas Aka Bekko Koi. 
    Perpaduan warna pola pada jenis Aka Bekko koi cukup kontras, sehingga terlihat sangat cantik

    Aka-Bekko-Koi

    Selain warna dasar merah ada juga Aka Bekko yang warna dasarnya sedikit oranye. Warna terang ini bisa membawa ketenangan tersendiri bagi pemiliknya, sehingga cukup bagus dan layak untuk dipelihara.

    7. Shiro Utsuri Koi

    Sepintas jenis Shiro Utsuri Koi sangat mirip dengan Shiro Bekko Koi, akan tetapi warna dasarnya yang membedakan kedua jenis ikan koi ini.

    Shiro-Utsuri-Koi

    Shiro Utsuri Koi berwarna dasar hitam dengan corak putih yang merupakan kebalikkan dari Shiro Bekko Koi.

    8. Ki Utsuri Koi

    Berwarna dasar hitam dengan corak kuning yang merupakan  kebalikkan dari ciri khas Ki Bekko Koi, Ki Utsuri Koi juga patut menjadi koleksi anda.

    Ki-Utsuri-Koi
    Ki Utsuri Koi merupakan ikan koi yang menarik, karena corak kuning ditubuhnya kontras dengan warna dasar hitam, sehingga menjadi keindahan tersendiri bagi penikmat keindahan ikan koi.

    9. Hi Utsuri Koi

    Dengan dasar warna hitam, Hi Utsuri memiliki corak merah pada badan ikan koi yang satu ini dan bentuknya juga terlihat unik apabila dibandingkan dengan koi yang lainnya.

    Hi-Utsuri-Koi

    Saat memasuki usia dewasa biasanya Hi Utsuri mengalami perubahan warna. Karena itu ikan koi hitam merah ini cukup unik.

    10. Tancho Goromo Koi


    Dengan warna dasar putih, Tancho Goromo memiliki warna gradasi biru muda dan oranye yang menarik di sirip maupun kepalanya.

    Tancho-Goromo-Koi

    Warna yang cukup cantik ini membuat Tancho Goromo peminatnya cukup tinggi di pasaran, banyak pecinta Koi berburu jenis ini untuk dikoleksi.

    11. Tancho Kohaku Koi

    Tancho Kuhaku Koi termasuk salah satu jenis ikan koi yang sangat unik, sebab seluruh tubuhnya bewarna putih, hanya sedikit saja corak merah atau oranye ditubuhnya.

    Tancho-Kohaku-Koi

    Corak merah atau oranye tersebut biasanya hanya ada dikepala, dan akan lebih menarik apabila semakin cerah corak yang ada dikepalanya tersebut.

    12. Tancho Goshiki Koi

    Tancho Goshiki Koi sama dengan Tancho Kohaku Koi, hanya memiliki sedikit corak, dan biasanya hanya ada dikepalanya saja.

    Tancho-Goshiki-Koi

    Perbedaan keduanya sangat mencolok ada pada warna dasarnya, Tancho Goshiki Koi berwarna dasar hitam yang meliputi seluruh tubuhnya.

    13. Tancho Kujaku Koi

    Jenis terakhir dalam tulisan ini adalah Tancho Kujaku Koi, ikan koi cantik yang memiliki ciri kas spesifik berupa corak warna merah berbentuk bulat di sekitar kepalanya.

    Tancho-kujaku-koi

    Selain itu polanya juga berada di daerah sisik dan terlihat semakin menawan saat usia ikan ini semakin dewasa.

    Itulah ke-13 jenis ikan koi yang seringkali dipelihara, dan cukup bagus untuk menghiasi rumah anda.
    Ikan yang disebut sebagai simbol cinta dan persahabatan ini adalah jenis ikan hias yang cukup banyak diminati oleh para pecinta ikan hias, untuk sekedar menghiasi rumah dengan akuarium atau kolam, juga sebagai jenis ikan yang biasanya diperlombakan dalam sebuah kontes.

    Ikan Koi juga sering kali  kita jumpai di tempat wisata, untuk menambah kesan yang damai dan tentram serta teduh yang dipadukan dengan kolam dan air mancur buatan.

    Semoga informasi yang kami sajikan ini dapat menambah daftar referensi anda sebelum memutuskan memelihara ikan yang cantik ini. (NA)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Teknologi

    +