• Jelajahi

    Copyright © GO TAYAN - Mengabarkan Cepat !
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Wisata

    Iklan

    Cara Reset BIOS Komputer yang Penting untuk Dipahami

    6/26/20, 3:57 PM WIB Last Updated 2020-06-26T12:02:46Z
    loading...
    cara-reset-bios-komputer

    Cara reset BIOS komputer sudah tahu?  Mungkin bagi seorang pengguna komputer yang masih awam, belum mengetahui apa itu fungsi reset bios.

    Secara umum reset BIOS pada perangkat komputer, bertujuan untuk mengembalikan fungsi awal komponen BIOS menjadi mode default. Umumnya fungsi Reset BIOS juga berguna untuk menghilangkan kata sandi, yang sebelumnya telah di setting melalui program BIOS.

    Tujuannya untuk clearing atau pembersihan pada komponen BIOS itu sendiri. Agar lebih jelasnya, berikut beberapa fungsi Reset BIOS pada sebuah perangkat komputer.

    Fungsi Reset BIOS Komputer


    Reset Bios umumnya dapat berguna untuk membaca bus clock dan ratio, pada processor yang lama. Biasanya karena saat seorang pengguna komputer melakukan upgrade atau downgrade, pada processor komputer.

    Langkah tersebut dapat menyebabkan motherboard mengalami gagal fungsi, atau kehilangan performa pada saat komputer hidup. Dalam hal ini,  fungsi reset BIOS ialah berusaha mengembalikan fungsi motherboard, agar kembali bekerja secara maksimal.

    Reset BIOS sangat diperlukan apabila sebuah perangkat komputer mengalami kesalahan pada setting BIOS. Reset BIOS akan berusaha untuk mengembalikannya ke mode awal, atau mode default.

    Reset BIOS juga berfungsi untuk mengembalikan password yang lupa atau hilang, dengan mengubah tampilan BIOS ke mode default. Dengan reset BIOS pengguna juga dapat menyeting password dari awal.

    Cara Reset BIOS Komputer 


    Lalu bagaimanakah cara setting BIOS pada sebuah komputer? Teknik reset BIOS merupakan tekhnik paling dasar bagi seorang programmer. Namun bagi pemula wajar jika mengalami kebingungan.

    Bagi  Anda yang ingin mengetahui langkah-langkah tepat cara reset BIOS komputr, berikut ulasannya: 

    1. Lepas terlebih dulu power supply yang masih ada di perangkat komputer. Jangan lupa juga, untuk melepas kabel power dari motherboard di perangkat komputer tersebut.
    2. Langkah selajutnya ialah dengan menunggu beberapa saat, sehingga aliran listrik yang ada pada komputer tersebut hilang sepenuhnya.
    3. Jika aliran listrik sudah benar-benar hilang,  langkah selanjutnya ialah dengan menekan tombol jumper CLR CMOS pada motherboard. Umumnya tombol jumper hanya mempunyai 2 pin. Untuk mematikan tombol tersebut Anda dapat menggunakan obeng
    4. Jika tombol CLR CMOS sudah ditekan, Anda dapat menekan kembali tombol jumper ke posisi semula. Caranya cukup mudah, cabut jumper 2 pin lalu kembalikan jumper tersebut ke posisi semula.
    5. Langkah terakhir, ialah dengan memasang kembali kabel power suppler 24 pin ke komponen mother board. Kemudian hubungkan kembali kabel power ke power supply. Anda dapat menekan tombol power untuk menyalakan komputer. Jika proses ini berhasil, maka BIOS akan kembali ke mode default

    Cara Reset Bios Komputer


    Jika cara yang diatas belum juga berhasil, mungkin ada baiknya jika Anda mengulangi langkah-Langkah reset BIOS  di atas.

    Namun sebelumnya pastikan bahwa baterai pada laptop (jika Anda ingin mereset BIOS pada Laptop) sudah dilepas. Hal ini berfungsi agar tegangan listrik yang ada pada perangkat tersebut hilang seutuhnya

    Demikianlah ulasan kami mengenai cara reset BIOS komputer. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua. Agar semakin mudah dipahami silahkan bisa melihatnya pada video berikut ini.


    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Teknologi

    +