• Jelajahi

    Copyright © GO TAYAN - Mengabarkan Cepat !
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Wisata

    Iklan

    6 Penyebab Komputer Lemot dan Cara Mengatasinya

    6/10/20, 6:34 AM WIB Last Updated 2020-06-10T01:36:30Z
    loading...
    penyebab-komputer-lemot

    Penyebab komputer  lemot dan cara mengatasinya, sangat perlu dipahami. Baik oleh para pengguna PC  maupun laptop. Sama seperti smartphone yang mengalami ngelag, komputer lemot juga banyak dialami pengguna.

    Adakalanya saat Anda browsing di internet dengan menggunakan komputer sering mengalami koneksi yang lambat,  atau sangat lemot ketika digunakan untuk browsing di Internet.

    Namun jika anda mengetahui penyebab mengapa koneksi tersebut sangat lambat, tentunya anda akan dapat mengatasinya. 

    Umumnya banyak faktor yang menyebabkan mengapa koneksi internet anda sangat lambat. Seperti sinyal lemah atau dapat juga difaktori karena hard disk di perangkat anda penuh.

    Mengetahu faktor penyebab koneksi lambat dan cara mengatasinya, akan sangat membantu anda untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

    Penyebab Komputer Lemot dan Solusinya


    Jika saat ini laptop atau PC yang digunakan lemot, berikut beberapa penyebab, dan cara mengatasinya:

    1. Hard Disk Penuh 


    Hal yang mendasari komputer lemot sangat lah beragam. Faktor hard disk penuh merupakan salah satu faktor mengapa koneksi anda lambat.

    Jika saat mengakses komputer lemot, sebaiknya periksa kapasitas hardisk yang  tersedia. Beban hardisk yang terlalu berat, akan memaksa komputer bekerja dengan penuh beban.

    Sama seperti manusia, ketika dalam bekerja banyak beban. Meski hanya mengerjakan satu pekerjaan saja, dia tetap tidak bisa maksimal. Solusinya tentu saja dengan mengurangi beban-beban tersebut.

    2. Full Sistem Registry


    Penyebab komputer lemot biasanya juga karena full sistem registry. Faktor ini mudah terjadi terutama jika Anda sering mengisntall program.

    Dalam perangkat komputer, jika terlalu banyak program yang di install  juga akan menyebabkan koneksinya lambat.

    Sebelum melakukan browsing di internet, ada baiknya jika Anda memeriksa file-file yang telah diinstall. Jangan lupa hapus file-file yang tidak berguna di dalam perangkat komputer Anda.

    3. Anti Virus 


    Program anti virus merupakan faktor paling besar pada perangkat komputer, maupun  yang menyebakan koneksi lambat. Hal terbaik yang bisa dilakukan ialah dengan cara mencoba menyesuaikan program anti virus tersebut.

    Gunakanlah anti virus yang sesuai dengan  spesifikasi komputer Anda, baik itu processor, memory atau hal lainnya.

    4. Malware atau Spy Ware


    penyebab-komputer-lemot


    Kehadiran Malware atau Spy ware merupakan momok yang menakutkan bagi pengguna komputer pada umumnya.  Hal ini karena selain dapat merusak komputer, program jahat tersebut biasanya tidak terdeteksi oleh anti virus.

    Pada gilirannya malware tersebut dapat menggangu koneksi internet, saat pengguna browsing dengan menggunakan komputer mereka. 

    Langkah yang terbaik untuk mengatasi hal ini ialah dengan cara menginstall program anti virus terbaik,  yang dapat mendeteksi kedatangan virus malware ataupun spyware.

    5. File Temp. Terlalu Besar


    File temp. juga merupakan salah satu penyebab komputer lemot. Ketika pengguna mengakses internet melalui perangkat komputer, maka secara otomatis komputer tersebut menyimpan data ke dalam folder temp.

    Jika folder temp mulai penuh, hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja pada komputer. Salah satu dampaknya, koneksi internet Anda sangat lambat.

    Solusinya rutinlah memeriksa file temp. tersebut. Jika folder temp penuh, Anda dapat membersihkan file tersebut dengan Ccleaner.

    Terdapat Kerusakan pada komponen komputer

    Faktor yang terakhir yang menjadi penyebab komputer lemot, yaitu kerusakan pada komponen-komponen di perangkat komputer. Baik itu hard disk, processor, dan juga komponen yang lainnnya.

    Langkah terbaik yang dapat dilakukan dengan cara memperbaiki komponen tersebut. Jika kerusakannya sudah parah, sebaiknya ganti komponen tersebut dengan komponen yang baru.

    Demikian pembahasan mengenai penyebab komputer  lemot dan cara mengatasinya. Semoga ulasan singkat ini dapat membantu mengatasi masalah yang sedang dihadapi.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Teknologi

    +