• Jelajahi

    Copyright © GO TAYAN - Mengabarkan Cepat !
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Wisata

    Iklan

    Smartphone Android Ngelag? Jangan Panik Ini 4 Penyebab dan Solusinya!

    6/2/20, 12:54 PM WIB Last Updated 2020-06-03T06:38:20Z
    loading...
    Solusi Smartphone Android Ngelag
    Smartphone Android ngelag tentu akan sangat mengganggu. Apalagi jika kamu sedang mengerjakan sesuatu yang sangat penting menggunakan smartphone.

    Memang tidak bisa dipungkiri, fungsi smartphone saat ini makin beragam. Saya pribadi sering menggunakan smartphone untuk keperluan kerja. 

    Dengan membawa smartphone membuat kegiatan menulis bisa dilakukan dimana pun. Kita pun bisa langsung mempublishnya saat itu juga, baik melalui media sosial hingga website.

    Apa Itu Ngelag?


    Sebelum membahas cara mengatasi smartphone Android ngelag, ada baiknya kita pahami pengertian ngelag itu sendiri.

    Pada dasarnya kata ngelag itu berasal dari kata lag. Definisi sederhanyanya adalah suatu program komputer atau smartphone yang tidak berjalan lancar saat digunakan.

    Tentu kamu pernah mengalaminya bukan? Biasanya sangat terasa ketika kita sedang membuka game atau aplikasi lainnya. Terasa sangat menjengkelkan, sedang asik-asiknya main game tiba-tiba kinerja smartphone menjadi lemot. Apalagi jika sedang mengerjakan sesuatu yang sifatnya darurat.

    Penyebab Smartphone Android Ngelag


    Untuk bisa memperbaiki smartphone Android ngelag, kita harus bisa memahami penyebabnya dengan baik. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

    Kapasitas RAM Rendah


    Kinerja smartphone sangat dipengaruhi oleh RAM (Random Access Memory). Semakin besar kapasitas RAM suatu perangkat maka kinerjanya akan semakin baik. Begitu pun sebaliknya.

    Dalam hal melakukan multitasking (membuka beberapa aplikasi secara bersamaan), pengaruh RAM akan sangat terasa. Bahkan biasanya akses internet juga akan lebih lambat jika kita menggunakan RAM berapasitas rendah.

    Pada dasarnya smartphone memang membutuhkan RAM berkapasitas tinggi. Aplikasi bawaan juga memakan memori RAM. Jangan kaget jika membeli smartphone berkapasitas 1GB, kapasitasnya hanya tinggal 700 MB.

    Berbagai aplikasi yang ada di latar belakang juga akan memakan banyak kapasitas RAM. Sebut saja seperti media sosial, widget, hingga wallpaper live. Hal ini makin diperparah jika sobat sering memainkan game berkualitas HD.

    Smartphone Android ngelag terjadi karena kapasitas RAM sudah tidak mendukung komponen-komponen tersebut berjalan bersamaan.

    Solui mengatasi hal ini tentu saja dengan tidak melakukan aktivitas multitasking. Jika sulit, jalan satu-satunya membeli RAM berkapasitas tinggi. Sekarang kita semakin dimudahkan, smartphone penulis sendiri menggunakan RAM 6GB. Tidak pernah lagi merasakan yang namanya ngelag.

    Dalam membeli smartphone baru, selain kapasitas RAM pastikan merk tersebut sudah terpercaya. Memiliki garansi resmi dan service center dimana-mana. Dengan begitu kita akan selalu nyaman selama menggunakannya.

    Kapasitas Memori Internal Rendah


    Selain RAM kapasitas memori internal yang rendah juga sangat mempengaruhi kinerjanya. Memori internal yang kecil akan membuatnya cepat penuh. 

    Saat hal ini terjadi pengguna akan membutuhkan waktu cukup lama untuk menampilkan berbagai file yang disimpan.

    Disarankan ketika membeli smartphone kapasitas memori internal juga diperhatikan. Penulis sendiri menggunakan smartphone dengan RAM 6GB dengan memori internal 64GB. Meski sedikit lebih mahal, tapi nyaman saat menggunakan. Termasuk dapat menunjang pekerjaan.

    Jika belum memiliki dana cukup untuk membeli smartphone baru, kamu tidak perlu khawatir. Sematkan saja memori eksternal berkapasitas besar. Pindahkan semua file yang ada di memori internal ke memorri eksternal. Jangan lupa bersihkan memori internal dari berbagai file tidak penting.

    Jangan lupa mengatur penyimpanan file otomatis. Misalnya saja jika menggunakan kamera, diatur agar tersimpan di memori ektsternal.

    Bug di OS Androidbug


    solusi smartphone android ngelag

    Jika diartikan secara bahasa bug artinya kutu. Dalam istilah Android, bug berhubungan dengan berbagai masalah yang ditimbulkan oleh sistem operasi smartphone yang belum stabil.

    Hal ini salah satunya bisa terjadi ketika rilis sistem operasi terbaru, tetapi masih menggunakan  versi beta. Umumnya versi tersebut diselingin berbagai bug tertentu. Versi beta sendiri memang tahap uji coba, jadi masalah ini dianggap wajar.

    Solusi terbaik tentu saja dengan mengupdate sistem operasi (OS) sehingga bisa mendapatkan versi dengan kemampuan stabil. Dengan demikian, kita bisa terhindar dari berbagai bug tersebut.

    Cache yang Menumpuk


    Salah satu penyebab smartphone Android ngelag karena cache yang menumpuk. Cache sebenarnya bukan hal buruk, bahkan tujuan pembuatannya baik.

    Secara umum cache berfungsi untuk mempercepat kinerja smartphone saat membuka aplikasi yang sebelumnya pernah diakses. Jika cache tidak rajin dibersihkan maka akan menumpuk dan memakan memori internal, akibatnya smartphone terasa lemot.

    Agar performa smartphone senantiasa maksimal, bersihkan cache secara teratur. Setidaknya selama satu bulan sekali.

    Setelah mengetahui penyebab smartphone Android ngelag, tentu sobat semakin paham. Khususnya akan pentingnya kapasitas memori internal dan RAM. Semoga ulasan ini berguna, jangan lupa share ya.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Teknologi

    +