• Jelajahi

    Copyright © GO TAYAN - Mengabarkan Cepat !
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Wisata

    Iklan

    3 Tips Memilih Antivirus Komputer untuk Kinerja yang Semakin Baik

    6/10/20, 7:40 AM WIB Last Updated 2020-06-10T01:38:20Z
    loading...
    tips-memilih-antivirus-komputer

    Tips memilih antivirus komputer sangatlah penting untuk diketahui. Kesalahan dalam menggunakan anti virus dapat berakibat fatal. Daintaranya dapat menyebabkan komputer lemot.

    Seperti kita tahu, serangan virus pada komputer adalah hal yang lumrah terjadi. Oleh sebab itu, memilih antivirus berkualitas sangatlah diperlukan. 

    Tujuannya untuk mencegah kerusakan yang lebih parah pada perangkat komputer. Virus bisa didapatkan dari mana saja, misalnya bertukar file lewat flash disk atau saat surfing di internet. 

    Mencegah masuknya virus ke dalam komputer merupakan tugas dari antivirus. 

    Kalaupun virus sudah masuk ke dalam komputer, antivirus masih bisa menghapusnya agar tidak semakin meluas di dalam sistem. Saat ini kita bisa dengan mudah menemukan antivirus, baik yang gratis maupun berbayar. 

    Anda mungkin memilih yang gratis karena lebih murah dan tidak mengharuskan adanya kontrak. Namun perlu dipahami, bahwa antivirus gratis tidak memberikan fitur terbaik kepada anda. Jika anda ingin memakai fitur yang lebih lengkap, maka pilihlah yang berbayar.

    Tips Memilih Antivirus Komputer Terbaik


    Berikut adalah beberapa tips penting dalam memilih antivirus untuk komputer.

    1. Sesuai Kebutuhan


    Tips memilih antivirus komputer diantaranya harus menyesuaikan kebutuhan penggunanya. 

    Setiap orang tentu memiliki cara berbeda dalam memakai perangkat komputer. Ada yang suka memakainya untuk kegiatan kantor, bermain game, ada pula yang memakainya untuk berinternet.

    Jika anda merupakan pengguna komputer yang selalu terhubung dengan internet, maka pilihlah antivirus berbayar. 

    Ada beberapa program yang memang dikhususkan untuk memantau aktivitas anda saat surfing agar lebih aman. Akun online merupakan salah satu yang paling penting untuk diamankan. 

    Tidak sedikit orang yang akun facebook atau twitter nya diretas, oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. Hal seperti ini tidak bisa sama sekali dihindari. Namun paling tidak anda bisa meningkatkan keamanan dengan memilih antivirus terbaik.

    2. Kelengkapan Fitur yang Tepat


    tips-memilih-antivirus-komputer


    Tips memilih anti virus komputer berikutnya, anda juga harus memeriksa kelengkapan fitur. Setiap perusahaan memiliki cara berbeda dalam mengembangkan antivirus mereka.

    Berikut ini adalah beberapa fitur dan kelengkapan yang sebaiknya tersedia.

    Fitur Real Time Scanning


    Antivirus yang baik harus memiliki opsi untuk melakukan scanning secara realtime. Saat pertama kali laptop atau komputer dihidupkan, antivirus sebaiknya sudah berjalan. 

    Begitu pula saat anda hendak membuka aplikasi atau menjelajahi dunia maya. 

    Jika antivirus mendeteksi ada program yang mencurigakan, maka ia harus langsung memberikan notifikasi di layar. 

    Walaupun fitur realtime scanning sangat dibutuhkan, namun anda juga perlu melakukan scanning secara manual untuk memeriksa sistem secara lebih mendalam.

    Fitur Karantina


    Saat menemukan malware atau program terinfeksi, antivirus memiliki beberapa opsi. 

    Yang pertama adalah mengkarantina, yang kedua adalah menyembuhkan, dan yang ketiga adalah menghapus. Jika file yang terinfeksi sangat penting bagi anda, tentu anda merasa keberatan jika harus menghapusnya. 

    Oleh sebab itu, fitur karantina sebaiknya ada pada sebuah antivirus. Itu untuk memastikan bahwa virus tidak menjangkiti file-file lainnya. 

    Apakah antivirus anda menyediakan update otomatis? Ini juga merupakan fitur yang sangat penting agar performa antivirus anda selalu terjaga.

    3. Harga yang Sesuai


    Dengan memiliki antivirus berbayar, kita bisa mendapatkan kelebihan dari segi keamanan tambahan. Diantaranya adalah back up data, firewall, dan aktivasi virus pada sandbox. 

    Tak jarang anti virus tersebut juga telah dilengkapi fitur tambahan menarik. Misalnya saja seperti memiliki kemampuan bootable USB, yaitu penghancur data hingga tidak bisa dipulihkan kembali.

    Namun kita tetap harus bijak dalam membelinya. Diantaranya dengan membeli antivirus yang sesuai kebutuhan, dan dengan harga yang terjangkau oleh kondisi keuangan saat ini.

    Demikian pembahasan mengenai tips memilih antivirus komputer terbaik. Semoga ulasan ini bermanfaat. Jangan lupa share agar semakin banyak yang merasakan manfaatnya. Kami pun semakin semangat dalam berkarya.

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Teknologi

    +